Senin, 03 Juni 2013

Sejuta Manfaat Alam

TUMBUHAN SEBAGAI PENGOBATAN ALAMI

   A.    Hakikat Pengobatan Alami

Obat alami sudah dikenal dan digunakan diseluruh dunia sejak beribu tahun yang lalu. Di Indonesia penggunaan obat alami yang lebih di kenal dengan jamu,telah meluas sejak zaman nenek moyang hingga kini dan terus dilestarikan sebagai warisan budaya.Bahan baku obat alami ini,dapat berasal dari sumber daya alam biotic maupun abiotik meliputi sumber daya daratan,perairan dan angkasa dan mencangkup kekayaan/ potensi yang ada didalamnya.
Pengembangan obat alami ini memang patut mendapatkan perhatian yang lebih besar bukan saja disebabkan potensi pengembangannya yang terbuka, tetapi juga permintaan pasar akan bahan baku obat-obat tradisional ini terus meningkat untuk kebutuhan domestik maupun Internasional. Hal ini tentunya juga akan berdampak positif bagi peningkatan pendapatan petani dan penyerapan tenaga kerja baik dalam usaha tani maupun dalam usaha pengolahannya.

 
Obat alami mengandung efek samping yang sangat kecil dibanding obat dari bahan kimia. Sehingga dalam penggunaanya atau mengkonsumsi obat alami tidak menimbulkan kerusakan fatal pada organ-organ tubuh yang lain. Disamping tersebut diatas sangat mudah memperoleh maupun dalam membuat ramuannya.


   B.     Manfaat Tumbuhan Sebagai Pengobatan Alami
Penyakit yang menyerang manusia belakangan semakin banyak dan beragam jenisnya. Bahkan tidak sedikit penyakit-penyakit baru muncul yang sebelumnya tidak pernah dikenal. Manfaat menggunakan obat alami yaitu :
1.      Tidak menimbulkan efek samping berbahaya seperti obat – obat dari dokter.
2.      Biaya yang ditanggung tidak sebesar membeli obat kepeda dokter.
3.      Lebih aman dikonsumsi untuk berbagai usia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar